Kamis, 27 Agustus 2015

Sapu Tangan


Sapu Tangan. Sebuah benda dari kain tipis yang dibuat berbentuk persegi empat. Dari artikel yg saya pernah baca katanya sapu tangan ini dulu nya hanya untuk keluarga kerajaan, yang pertama kali di gunakan di kerajaan inggris. Tapi setelah memasuki abad ke 14 sapu tangan ini sudah mulai jadi bagian dari model. Yaa.. kain yang biasanya di gunakan untuk melap keringat atau sekedar membersihkan muka, bahkan untuk menghapus ingus. hihi.. 
Selain itu sapu tangan juga pasti sering kita lihat di film-film. Kalau film-film buatan eropa dan amerika biasanya sapu tanagan ini akan di lambai-lambai kan kepada pasangan kita yang ingin pergi jauh, misalnya saat di stasiun kereta api. Tapi kalo di fllm-film asia lain lagi loh, biasanya kita melihat sapu tangan ini di gunakan sebagai kenang-kenangan buat sang kekasih agar sang kekasih slalu mengingat pada si pemberi sapu tangan. itu sih yang sering saya lihat. 
Aku pertama kali mengenal yang namanya sapu tangan adalah waktu aku melihat ayah ku. Biasanya ayah ku selalu membawa sapu tangan dan sebuah sisir kecil yang diletakkan di saku belakang celana.. Mungkin ayah ku merasakan tren pada saat jaman itu,karna hampir semua bapak-bapak melakukan hal yang sama. Selain kegunaannya seperti untuk melap keringat kadang-kadang aku masih bisa melihat bapak-bapak yang menggunakan sapu tangan saat shalat di mesjid sebagai alas tempat sujud. luar biasa kegunaan sapu tangan ini. Tapi sekarang nampaknya sudah jarang orang menggunakan sapu tangan ini. Karna lebih banyak mulai menggunakan tisu yang sekali pakai langsung buang tanpa perlu di cuci lagi seperti sapu tangan. Sebenarnya tentu lebih hemat menggunakan sapu tangan. Kalau jaman sekarang ada sih yang mirip sapu tangan yang biasa kita sebut slayer,yang ukurannya mungkin lebih lebar sedikit dan biasanya di pakai untuk ikat kepala dan gaya fasihion lainnya. Mungkin tidak berapa lama lagi sapu tangan pasti sulit di temukan. Padahal barang kecil,dan tipis ini punya banyak manfaat. Seperti hidup, hiduplah secara sederhana seperti sapu tangan,tetapi bisa memberikan manfaat buat orang lain... :-)

0 komentar:

Posting Komentar